WeLCoMe To My BlOg

Kamis, 20 Desember 2007

Ragam Batik Kayu di Ragil Handicraft


Ragam Batik Kayu di Ragil Handicraft



Jogja dan batik merupakan 2 hal yang tak dapat dipisahkan. Batik sebagai salah satu bagian dari seni, melengkapi kultur kota budaya ini. Aneka macam kerajinan batik, terutama batik tulis, tak melulu hanya dijumpai dalam media kain. Modifikasinya telah menyentuh media kayu. Ragil Hadicraft adalah salah satu pengrajin batik tulis di atas kayu.

Terletak di desa wisata Krebet, Sendangsari, Pajang, Bantul, Jogja, Ragil Handicraft menyediakan berbagai pernak-pernik kerajinan berbahan dasar kayu. Kayu-kayu tersebut kemudian dipercantik dengan ornamen batik. Aneka macam kreasi yang ditawarkan tak semuanya merupakan hiasan dinding. Kreasi topeng, kotak perhiasan, wayang klithik (wayang kayu), patung, gantungan kunci, hingga sandal yang juga terbuat dari kayu ditawarkan di sini.

Harganya berbeda-beda, tergantung pada jenis kayu maupun ukurannya. Topeng yang dijual harganya mulai dari Rp 7000,- untuk ukuran S, sedangkan ukuran terbesar XL dihargai Rp 25.000,-. Produk lainnya seperti kotak perhiasan harga rata-rata Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-. Selain itu, bahan dasar kayu juga menentukan harga. Menurut Ririn selaku pengelola gallery Ragil Handicraft, untuk produk yang berbahan dasar kayu Klepu harganya lebih mahal daripada yang menggunakan kayu sengon karena lebih bagus kualitas kayunya.

Selain menjual barang jadi, Ragil Handicraft juga menerima pesanan, baik dalam jumlah banyak maupun satuan. Pemesan pun dapat memesan barang sesuai keinginan dan seleranya masing-masing. Galeri yang telah memiliki pasar hingga keluar negeri ini memiliki tempat produksi yang dapat diakses oleh para pembeli. Karenanya, selain berbelanja, para pembeli dapat langsung melihat proses pembuatan berbagai cinderamata batik kayu.

Mencari hiasan rumah dengan harga terjangkau sekaligus menyelami dunia batik kayu, atau sekedar berwisata melihat proses produksinya, datang saja ke desa wisata Krebet yang penduduknya menguasai ketrampilan ini.

Tidak ada komentar: